081311410042
081311410042
081311410042
spv@toko-aneka.com
GambarBarangJumlahBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0

Pengertian Option (Kontrak Opsi)

Sunday, April 26th 2020.

Option atau opsi adalah salah satu produk derivatif atau turunan sektor keuangan yang berupa kontrak yang dijual oleh satu pihak (penulis opsi) ke pihak lain (pemegang opsi). Kontrak tersebut memberikan pembeli sebuah hak, namun bukan kewajiban, untuk membeli (call) atau menjual (put) suatu aset keuangan lainnya dengan harga yang disepakati (harga strike) selama periode waktu tertentu atau pada periode tertentu. tanggal (tanggal exercise). Atau sederhanya, pengertian option adalah kontrak resmi yang memberikan Hak (tanpa adanya kewajiban) untuk membeli atau menjual sebuah asset pada harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu.

Di Indonesia dikenal Kontrak Opsi Saham, sebenarnya adalah hak pemegang opsi untuk menjual (put option) atau membeli saham pada harga tertentu (call option). Membeli option, bukan berarti membeli langsung sahamnya, tetapi hanya membeli hak untuk membeli dan menjual saham pada harga tertentu.\

Option harus menyebutkan secara spesifik harga exercise (harga kesepakatan untuk menjual/membeli saham apapun kondisi pasarnya), jangka waktu berlakunya option (expiry date misalnya akhir Agustus 2018), sifat option itu (apakah option buy atau option sell) dan stock/saham yang disepakati (ini option untuk beli saham apa) Karena sifatnya yang mempunyai expiry date itu, option mempunyai time value of money, artinya semakin dekat dengan expiry date dia semakin murah.

Option bisa dipergunakan sebagai sarana hedging (sarana lindung nilai yang berlaku seperti asuransi atas harga saham yang dimiliki). Jadi dengan memiliki put option, berapapun kejatuhan harga saham di bursa, ada saja orang yang bersedia membeli saham kita pada harga yang sudah disepakati dan sayangnya banyak yang memakai untuk sarana spekulasi.

Options memiliki dua tipe yaitu Call options dan Put Options

Call Options adalah kontrak resmi yang memberikan Hak untuk membeli sebuah asset pada harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu.

Put options adalah kontrak resmi yang memberikan Hak untuk menjual sebuah asset pada harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. (kebalikan dari Call Option).

Jika Anda tertarik dengan Options maka Anda harus mempelajari strategi options agar investasi Anda menguntungkan. Sebaiknya digunakan bukan untuk spekulasi semata tetapi dipasangkan sebagai sarana hedging.

Pengertian Option Saham (Stock Options)

Option Saham (Stock Options) adalah sebuah kontrak yang memberikan hak kepada investor untuk membeli atau menjual suatu saham pada harga dan tanggal tertentu, tetapi mereka tak wajib melaksanakan hak tersebut. Ini termasuk salah satu kontrak derivatif dari saham. Setiap kontrak Stock Options mewakili 100 lembar saham yang mendasarinya.

Ada dua jenis Option Saham, yakni:

  • Put: Kontrak yang didasarkan pada prediksi bahwa harga saham akan turun.
  • Call: Kontrak yang didasarkan pada prediksi bahwa harga saham akan meningkat.

Kontrak Option Saham dapat diperjualbelikan empat arah, tergantung pada strategi apa yang dipergunakan oleh trader. Sebagai contoh, jika Anda memprediksi harga saham Facebook akan meningkat, maka Anda dapat membeli kontrak Call atau menjual kontrak Put. Demikian pula jika Anda memprediksi harga saham Facebook akan menurun, maka Anda dapat menjual kontrak Call atau membeli kontrak Put.

Sumber Gambar: picktochart.com dan www.inbizia.com

Produk terbaru

Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 081311410042
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangBisnis Aset Digital
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Best Seller
Rp 1.000.000
Order Sekarang » SMS : 081311410042
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeRobot Trading Otomatis
Nama BarangRobot Trading Otomatis
HargaRp 1.000.000
Lihat Detail